Keceriaan Anak Spesial dalam Hari Down Syndrome Sedunia di Banjarbaru

Media Center Banjarbaru – Untuk memperingati Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret mendatang, POTADS Kalsel (Persatuan Orangtua Anak Dengan Down Syndrome) merayakan terlebih dahulu dengan mengadakan acara silaturahmi bertajuk “Baimbai kita kawa”. Bertempat di Mess L Banjarbaru pada minggu pagi (19/03/2023)

Wakil Wali Kota Banjarbaru bersama anak Down Syndrome. Foto: Hafiz

Dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, serta Sekda Kota Banjarbaru Said Abdullah. Dalam acara pagi hari ini baik Wartono maupun Said tampak hangat menyambut dan berinteraksi dengan anak – anak yang spesial ini. Selain sebagai ajang silaturahmi, perayaan ini juga diadakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan memberikan perhatiannya kepada pengidap Down Syndrome.

Potret keceriaan anak Down Syndrome. Foto: Hafiz

Down syndrome sendiri adalah kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya mengalami keterlambatan perkembangan fisik dan mental. Kelainan ini disebabkan oleh perkembangan kromosom yang tidak normal. Pengidap kelainan ini memiliki sturktur wajah yang khas dan terkesan mirip.

Sambutan Wakil Wali Kota Banjarbaru. Foto: Rafa

Dalam sambutannya, Wartono menyatakan bahwa masih banyak penderita Down Syndrome yang dapat berprestasi dan hidup mandiri, maka dari itu diharapkan dengan adanya hari perayaan ini dapat menjadi wadah bagi seluruh kalangan dalam memberikan perhatian, dukungan, dan penerimaan yang terbaik terhadap anak Down Syndrome.

“… untuk itu kita rayakan hari down syndrome pada hari ini, diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengajak semua kalangan agar bersama memberikan perhatian, dukungan, penerimaan yang terbaik terhadap tumbuh kembang anak Down Syndrome di Kota Banjarbaru khususnya”, tuturnya.

Penampilan tari oleh anak Down Syndrome. Foto:Hafiz

Acara dimeriahkan dengan penampilan drama musik oleh Forum Anak Banjarbaru, tari, menyanyi solo, dan pencak silat oleh anak – anak down syndorme, dan teater hening dari rekan tuna rungu Teras Inklusi. (Hfz/MedCenBJB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.