KIM Dilatih Menjadi Konten Kreator

MEDIA CENTER BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru melaksanakan Pelatihan yang bertajuk Teknik dan Kreatif Media Sosial yang bertempat di Aula Linggangan Gedung DPRD Kota Banjarbaru pada Kamis (23/11/2023).

Pelatihan yang ini diikuti oleh perwakilan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se Kota Banjarbaru yang berjumlah 50 orang. KIM merupakan organisasi kemasyarakatan yang menjadi mitra Pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sehingga pelatihan ini adalah salah satu bentuk pembinaan Pemerintah Kota Banjarbaru kepada KIM di Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak hal yang dilakukan Pemerintah yang masyarakat perlu untuk mengetahui masyarakat secara menyeluruh, untuk itu KIM merupaka rekan kerja Pemerintah dalam menyampaikan informasi – informasi tersebut untuk diketahui dan agar tidak terjadi kesalahan informasi.

Kadiskominfo membuka kegiatan pelatihan Teknik dan Kreatif Konten Media Sosial – foto : typ

“terkadang banyak informasi di media kurang benar, minimal KIM bisa menyampaikan bahwa itu tidak benar sehingga kerentanan sosial ekonomi dimasyarakat dapat terhindarkan” pinta Kadiskominfo pada saat membuka kegiatan pelatihan.

Disamping itu, KIM juga diharapkan dapat menyampaikan informasi – informasi di wilayahnya sehingga publik dapat mengetahui dan mengangkat citra daerahnya yang nantinya berimbas kepada peningkatan perekonomian.

“contoh seperti RT Mandiri, banyak yang sudah berhasil dan ini perlu disampaikan ke masyarakat yang dapat menjadi stimulus atau rangsangan untuk peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat” jelasnya.

Menurut Asep, untuk sekarang media sosial merupakan sarana publikasi yang paling baik digunakan. Untuk itu, pembuatan konten media sosial tersebut harus sebaik dan semenarik mungkin sehingga banyak yang menyukai dan informasinya dapat tersampaikan kepada publik.

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini yakni pengenalan SPBE Pemerintah Kota Banjarbaru dengan narasumber adalah Asep Saputra dan pembuatan konten media social yang disampaikan oleh M. Fajar Rizwanna.

Asep Saputra pada saat menyampaikan materi – foto : typ

Dalam pemaparannya, Asep Saputra menerangkan bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru sudah mulai merubah sistem pelayanan publik yang dulunya dilaksanakan secara manual menjadi sistem yang berbasis teknologi informasi atau digitalisasi.

Penyerahan Sertifikat Pelatihan dan bingkisan secara simbolis kepada salah satu peserta oleh Kepala Bidang Komunikasi Herry Isdaryoko – foto : Septi

Selain itu, disampaikan juga beberapa program Pemerintah Kota Banjarbaru dan perkembangannya untuk menuju “digitalisasi” tersebut, diantaranya sudah ada beberapa pelayanan publik yang sudah menggunakan aplikasi dan hal – hal lain yang mendukung terwujudnya implementasi Sistem Pemerintahan Berbasisi Elektronik (SPBE) di Kota Banjarbaru.

interaksi narasumber (M. Fajar Rizwanna) dengan peserta pelatihan – foto : typ

Sedangkan untuk materi yang disampaikan oleh M. Fajar Rizwanna, menerangkan bagaimana cara membuat konten di media social yang baik dan menarik sehingga pembaca terpikat untuk membaca atau melihat isi keseluruhan informasi yang ingin disampaikan. Pembuatan konten ini cukup mudah, karena hanya dengan menggunakn handphone dan aplikasi yang dapat didownload secara gratis.(typ/medcenbjb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.