Sekda : Banjarbaru Harus Juara

MEDIA CENTER BANJARBARU – Bertempat di Aula Trisakti Balai Kota Pemerintah Kota Banjarbaru, Tim Evaluator Pelayanan Publik Provinsi Kalimantan Selatan melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan publik di Kota Banjarbaru yang di terima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.Si yang didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Drg. Agus Widjaja pada Kamis (12/05/2022).

Tampak hadir pula Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarbaru Hj. Rahmah Khairita, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarbaru Hj. Sri Fatma Karmailita, MM, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru Dedy Sutoyo, S.STP, MM dan Tim Evaluator Pelayanan Publik Kota Banjarbaru.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan hasil Evaluasi Pelayanan Publik Kota Banjarbaru Tahun 2021 dan melaksanakan monitoring persiapan pelaksanaan Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2022 oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se – Indonesia terutama Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan dan yang menjadi lokus evaluasi pelayanan publik adalah pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota se – Kalimantan Selatan.

Selain itu kegiatan ini merupakan pembinaan oleh Pemerintah Provinsi kepada Kabupaten/Kota sebelum dilaksanakanya Evaluasi Pelayanan Publik tersebut agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Pemerintah Provinsi berupaya terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota agar terus berupaya untuk memperbaiki pelayanan publik di wilayah masing – masing sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

Terkait hasil Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2021 Kota Banjarbaru Pemerintah Kota Banjarbaru mendapat indeks nilai 4,44 sehingga mendapat kategori Sangat Baik dengan dirincian untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mendapat kategori Pelayanan Prima (indeks nilai 4,51) dan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendapat kategori Sangat Baik (indeks nilai 4,37).

Pemerintah Kota Banjarbaru patut berbangga dengan capaian tersebut, namun pelayanan publik di Kota Banjarbaru harus terus ditingkatkan guna menciptakan pelayanan yang prima dimata masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.Si memberikan arahan terkait pelaksanaan Evaluasi Pelayanan Publik di Kota Banjarbaru Tahun 2022 – Foto : typ

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah menegaskan bahwa setiap tindakan atau kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah harus teradministrasikan dan terdokumentasikan dengan baik sehingga apabila ada acara penghargaan atau sejenisnya diselenggarakan baik oleh Pemerintah Pusat maupun pihak lain dapat dimasukkan sebagai bagian dari penilaian. Pemerintah Kota Banjarbaru banyak melaksanakan kegiatan – kegiatan yang sifatnya meningkatkan pelayanan publik ataupun inovasi – inovasi baru, namun hal tersebut tidak terdata dengan baik sehingga tidak dapat menjadi bagian dari penilaian karena data dan dokumen yang tidak mencukupi.

“Kita samakan persepsi saja, Pemerintah Kota Banjarbaru harus menjadi Juara karena daerah otonomi baru perlu dinilai dan salah satu nilainya adalah dengan mendapatkan juara atau penghargaan.” Ungkap Sekda Kota Banjarbaru

Beliau menambahkan bahwa dengan diadakannya berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat akan memotivasi Pemerintah Daerah untuk menjadi lebih baik dan sudah tentu dengan mendapat predikat tertentu di penghargaan tersebut akan meningkatkan Pemberian Dana Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah. Masalah yang dihadapi Pemerintah Kota Banjarbaru dalam meningkatkan Pelayanan Publik adalah pendanaan, untuk itu Sekda Kota Banjarbaru akan berupaya semaksimal mungkin agar dana untuk peningkatan pelayanan publik dapat teralokasikan dengan baik. Beliau juga akan terus mendukung dan mendorong SKPD terkait untuk peningkatan pelayanan publik di Kota Banjarbaru.(MedCenBJB)

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published.